Turun harga! Buku Saku Hikmah dan Makrifat Lihat lebih detail

Buku Saku Hikmah dan Makrifat

Baru

DETAIL PRODUK

Judul: Buku Saku Hikmah dan Makrifat

Penulis: Syekh Abu Thalib al-Makki

Penerbit: Zaman

Genre: Agama & Filsafat

Cetakan: Oktober 2013

Ukuran: 13 x 19 cm

Tebal: 344 halaman

ISBN: 978-602-1791-98-1

Berat: 241 Gram

Lebih detail

Produk ini telah habis stok

Dengan membeli produk ini Anda bisa mengumpulkan poin sampai 312 loyalitas poin. Total keranjang belanja Anda 312 poin yang dapat dikonversi menjadi voucher dari Rp‎ 624.


Rp‎ 31.200

-20%

Rp‎ 39.000

Info lainnya

SINOPSIS

Hikmah. Makrifat. Ilmu Pengetahuan. Ilmu Laduni. Tauhid.  Kata-kata tersebut begitu akrab di telinga kita. Tapi sudahkah topik penting dan abadi itu akrab dan meresap di pikiran dan hati kita?

Buku ini mengupas arti dan keagungan hikmah serta kemuliaan orang yang dianugerahi hikmah; apa perbedaan antara hikmah dan ilmu serta antara hukama (ahli hikmah) dan ulama (orang berilmu); apa makna keesaan Allah dan kapan kita bisa disebut telah benar-benar mengesakan-Nya;  bagaimana merasakan kenikmatan bertauhid; apa makna makrifat (mengenal Allah) dan apa ciri dan sifat al-‘ârifîn (orang yang benar-benar mengenal Allah).

Selain kaya dengan kata mutiara dan puisi-puisi sufistik yang menggetarkan, penulis menawarkan kedalaman makna atas ayat, hadis, dan tema populer. Bersyukurlah kitab langka ini diterjemahkan secara hati-hati oleh ahli di bidangnya sehingga kita mendapatkan hidangan istimewa dari para ulama klasik yang terkenal kesucian dan keyakinannya. Ulasan mendasar yang kerap hanya diajarkan kepada santri senior di pesantren ini kini dapat dinikmati siapa saja yang ingin mereguk mata air kearifan Islam.

PENULIS

Abû Thâlib—bernama lengkap Muhammad ibn ‘Alî ibn ‘Athiyyah al-Hâritsî al-Makkî—adalah orang pegunungan dan tumbuh besar di Makkah. Ia banyak melatih jiwanya dengan riyâdhah  dan mujâhadah , antara lain dengan tidak makan selama beberapa hari dan mencukupkan diri dengan memakan sayuran hijau. Terlepas dari pro-kontra terhadap pola hidupnya itu, yang jelas ada satu hal yang tidak mungkin dibantah: kegigihan dan ketulusannya dalam melatih diri dan melawan hawa nafsu. Dengan pola pelatihan diri seperti itu, ia pun terkenal. Sebagian sumber mengatakan bahwa ia termasuk orang yang dapat menyaksikan dan menyingkap sejumlah rahasia ilahiah pada masa-masa akhir hidupnya. 

Buku yang kini berada di genggaman pembaca merupakan salah satu buah dari fase akhir kehidupannya—fase penyingkapan rahasia (asrâr wa musyâhadah). Bukunya yang lain, Qût al-Qulûb, besar kemungkinan ditulis sebelum buku ini, sebab isinya masih berupa kecenderungan terhadap pola mujâhadah dan riyâdhah.
Al-Makkî bukan guru tarekat, tapi bertemu dan berguru dengan banyak sufi, di antaranya Abû al-Hasan ibn Sâlim al-Bashrî, sesepuh kota Sâlimiyyah. Dari kota itu kemudian ia datang ke Baghdad dan tinggal di sana sampai wafatnya pada tahun 286 H. Ia dimakamkan di sana dan kuburannya hingga sekarang masih banyak diziarahi orang.

Review

Tulis komentar Anda

Buku Saku Hikmah dan Makrifat

Buku Saku Hikmah dan Makrifat

DETAIL PRODUK

Judul: Buku Saku Hikmah dan Makrifat

Penulis: Syekh Abu Thalib al-Makki

Penerbit: Zaman

Genre: Agama & Filsafat

Cetakan: Oktober 2013

Ukuran: 13 x 19 cm

Tebal: 344 halaman

ISBN: 978-602-1791-98-1

Berat: 241 Gram

Tulis komentar Anda

Pelanggan yang membeli produk ini juga membeli: