Turun harga! Dharma Bakti Geografi Lihat lebih detail

Dharma Bakti Geografi

Baru

DETAIL PRODUK

Judul: Dharma Bakti Geografi: 60 Tahun Perjalanan Hidup Sukendra Martha

Penulis: Islahuddin

Editor: Zulkifli Al-Humami

Genre: Biografi/Tokoh

Penerbit: Alvabet

Cetakan: I, Oktober 2014

Ukuran: 14 cm x 21 cm

Tebal: 348 halaman

ISBN: 978-602-9193-54-1

Berat: 290 gr

Lebih detail

10 item

Dengan membeli produk ini Anda bisa mengumpulkan poin sampai 520 loyalitas poin. Total keranjang belanja Anda 520 poin yang dapat dikonversi menjadi voucher dari Rp‎ 1.040.


Rp‎ 52.000

-20%

Rp‎ 65.000

Info lainnya

SINOPSIS

Di negeri ini, hampir mustahil dijumpai seseorang menekuni karier profesionalnya sejalan dengan bidang studi yang ia geluti. Sukendra Martha  merupakan  pengecualian.  Sejak  masuk  kuliah  di  Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (1973), ia tak pernah terpisah dari geografi, baik dalam pendidikan maupun karier profesional. Diterima sebagai PNS di Bakosurtanal/BIG  (1979),  penyandang  gelar  M.Sc  bidang  Geografi  dari Oklahoma State University, Amerika Serikat, dan gelar M.App.Sc bidang Penginderaan Jauh dari University of New South Wales, Australia, ini memuncaki kariernya di instansi tersebut sebagai Sekretaris Utama (2004). Kini, ia bertugas sebagai Tenaga Ahli Pengajar bidang Geografi di Lemhannas RI dan menjadi “pengibar” nama Indonesia di pentas dunia dalam kartografi—menjabat Wakil Presiden International Cartographic Association (ICA).

Di balik kesuksesannya dalam pendidikan dan karier, Sukendra kecil hanyalah anak kampung berlatar keluarga sederhana dari desa tertinggal di pelosok Cirebon. Di tengah alam sosial-budaya masyarakatnya yang tak memandang penting pendidikan sebagai bekal kesuksesan, ia menjadi remaja pertama di kampungnya  yang  tamat  SMA  dan  terus  “nekad”  bersekolah  setinggi-tingginya—hingga ke luar negeri—meski dengan berbagai keterbatasan.

Buku ini menceritakan riwayat hidup Sukendra Martha dari beragam sisi. Berbagai cerita seputar misteri garis karier, perjuangan mewakili Indonesia di pentas dunia, suka-duka membangun keluarga melalui nikah wakil, dilema dua tradisi (tradisi habib dan Jawa), kegigihan menempuh pendidikan, dan kisah-kisah semasa kecil menggambarkan secara menarik sisi penting kehidupannya yang sangat menakjubkan dan menginspirasi. Memotret dedikasi sang tokoh dalam bidang geografi, buku ini juga penting dibaca para ilmuwan geografi, geologi, geofisika, dan yang terkait dengan kebumian seperti lingkungan, pertanian, pertambangan, dan kehutanan.

ENDORSEMENT 

“Perjalanan hidup Bapak Sukendra Martha selama 60 tahun merupakan perjalanan yang perlu dimengerti dan diimplementasikan para analis muda terkait Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia. Selamat merasakan isi hatinya!”—Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, Gubernur Lemhannas RI

PENULIS

ISLAHUDDIN sehari-hari bekerja sebagai wartawanKORAN SINDO. Pengalaman jurnalistiknya terbentang sejak ia masih tercatat sebagai siswa SMA Tahfidz al-Amien, Prenduan, Sumenep, Madura, kala menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Dinding FKIQ (Forum Kajian Ilmiah Qur’ani) pada 1999. Ketika melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dia juga aktif di Lembaga Pers Mahasiswa yang menerbitkan majalah SINERGIA. Karier jurnalistiknya terus berlanjut ketika ia menjadi wartawan majalah VISI KITA sebelum akhirnya menjadi wartawan tetap di KORAN SINDO sejak tahun 2008. Selain meliput berita di Jakarta, Islahuddin juga pernah meliput berbagai kegiatan di sejumlah daerah di Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Selain menghasilkan tulisan reportase dan featuredi media massa, Islah juga menghasilkan sejumlah buku di antaranya sebagai penyunting naskah bukuGus Dur Menertawakan NU yang diterbitkan oleh Nawas (Kelompok Pustaka Alvabet); editor buku Sisi Gelap Pemilu 2009 (Penerbit Rumah Demokrasi, 2010); dan editor buku Reformasi Birokrasi: Ikhtiar Pelayanan Prima Pemilu (Penerbit Nusantara Publishing, 2014).

Review

Tulis komentar Anda

Dharma Bakti Geografi

Dharma Bakti Geografi

DETAIL PRODUK

Judul: Dharma Bakti Geografi: 60 Tahun Perjalanan Hidup Sukendra Martha

Penulis: Islahuddin

Editor: Zulkifli Al-Humami

Genre: Biografi/Tokoh

Penerbit: Alvabet

Cetakan: I, Oktober 2014

Ukuran: 14 cm x 21 cm

Tebal: 348 halaman

ISBN: 978-602-9193-54-1

Berat: 290 gr

Tulis komentar Anda